Ka’bah adalah poros alam semesta

Ka’bah adalah poros alam semesta.

Mujahid meriwayatkan dari Nabi Muhammad SAW, beliau bersabda:

“(Baitullah) Al-Haram adalah tanah suci poros tujuh langit dan tujuh bumi (Akhbar Makkah, dikutip oleh Mujahid dari Syu’ab Al-Iyman karya Al-Baihaqi)”

 

Ulasan Hadis

Hadis ini mengandung pengertian bahwa Ka’bah merupakan poros atau sentral alam semesta. Alqur’an selalu membandingkan antara langit dan bumi, meski bumi relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan kebesaran langit. Dan perbandingan ini tidak mungkin dilakukan jika bumi memiliki posisi istimewa di pusat semesta.

Asumsi ini dikuatkan oleh 20 ayat Alqur’an yang menyinggung tentang keantaraan (bainiyyah) yang memisahkan langit dan bumi:

  • QS. Al-Ma’idah (5):17,18
  • QS. Al-Hijr (15):85
  • QS. Maryam (19):65
  • QS. Thaha (20):6
  • QS. Al-Anbiya’ (21):16
  • QS. Al-Furqan (2):59
  • QS. Asy-Syu’ara (26):24
  • QS. Ar-Rum (30):8
  • QS. As-Sajdah (32):4
  • QS. Ash-Shaffat (37):5
  • QS. Shad (38):10,27,66
  • QS. Az-Zukhruf (43):85
  • QS. Ad-Dukhan (44):7,38
  • QS. Al-Ahqaf (46):3
  • QS. Qaf (50):38
  • QS. An-Naba’ (78):37

Allah SWT berfirman:

“Tuhan Yang memelihara langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya.”

Keantaraan ini tidak akan ada kecuali jika bumi berposisi sebagai pusat atau sentral alam ini.

Dalil ketiga yang menegaskan fakta ini adalah firman Allah yang bisa kita baca pada surah Ar-Rahman. Dia berfirman:

“Hai jamaah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan. Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan.” (QS. Ar-Rahman (55):33-34)

Diameter segala bentuk geometris adalah garis yang bertemu di antara dua ujungnya, melewati pusat (titik tengah). Penjuru langit tidak mungkin sama dengan penjuru bumi (sebagaimana penjelasan ayat di atas) kecuali jika bumi menjadi pusat atau titik tengah langit.

Dari keterangan terdahulu tampak jelas sisi kemukjizatan dalam hadis Nabi yang ada di hadapan kita, yakni sabda beliau: (Baitullah) Al-Haram adalah tanah suci poros tujuh langit dan tujuh bumi.

Ketujuh bumi semuanya berada di bumi kita ini. Lapisan luar satu bagian bumi menutupi lapisan dalam bumi lain. Begitu juga tujuh langit semuanya menaungi kita pada tingkatan yang jelas mengelilingi matahari. Bagian luar menutupi bagian dalam langit yang lain. Dan Ka’bah berada di tengah-tengah lapisan pertama bumi, yaitu daratan, sementara di bawahnya terdapat enam lapisan bumi yang lain. Dengan posisi demikian, Ka’bah berarti menjadi poros tujuh langit dan tujuh bumi.

Fakta ini tidak mungkin diketahui siapapun, karena batas maksimum pengetahuan yang dapat dijangkau ilmu manusia hanyalah lapisan yang sangat kecil dari langit dunia yang menaungi kita dan dihiasi oleh Allah dengan bintang.

Bahkan lapisan kecil inipun terus-menerus mengalami perentangan (tamaddud). Ketika manusia mengembangkan mesin sarananya untuk berusaha mencapai ujung-ujungnya, ia selalu menemukan bahwa ia telah melampauinya. Hal ini dikarenakan langit terus mengalami perentangan. Sehingga betapapun berkembangnya teknologi dan kemampuan manusia, ia tetap tidak akan mampu mencapainya karena cepatnya perentangan semesta.

Tantangan Alqur’an kepada semua manusia dan jin untuk menembus penjuru langit dan bumi tidak akan dapat mereka lakukan, karena mereka tidak akan bisa keluar dari langit dan bumi kecuali dengan kekuatan Allah SWT.

Jikalau Alqur’an dan hadis tidak menjelaskan kepada kita bahwa ada 7 langit berlapis-lapis, 7 lapisan bumi yang berposisi pada sentral atau titik nolnya, dan Ka’bah merupakan titik tengah antara 7 langit dan 7 bumi, maka selamanya manusia tidak akan mempunyai media untuk mengetahui hal itu, meskipun penelitian-penelitian tentang struktur dalam bumi telah membuktikan akan adanya 7 lapisan yang berbeda, bagian luar ditutupi bagian dalam lapisan yang lain, begitu juga dengan langit, saling berhimpitan, khususnya penelitian astronomi modern yang telah membuktikan dengan sejumlah data matematis bahwa alam kita ini bergaris kurva (munhani). Satu catatan ini cukup sebagai bukti penetapan bahwa 7 langit dan 7 bumi saling berhimpitan mengelilingi satu pusat yakni bumi itu sendiri, tepatnya di Ka’bah, dan Ka’bah merupakan poros atau titik tngah langit dan bumi.

Dari sini bisa ditangkap sekilas sebuah kemukjizatan saintis yang terdapat dalam hadis Nabi: (Baitullah) Al-Haram adalah tanah suci poros tujuh langit dan tujuh bumi. Juga dalam sabda: Baitul Ma’mur itu berhadapan dengan Mekah. Serta dalam deskripsi beliau yang dikutip oleh Al-Qurthubi dalam tafsirnya: Ada Baitullah di langit ketujuh itu yang persis di atas Ka’bah sehingga jika jatuh tentu ia akan jatuh di atas Ka’bah.

Pernyataan-pernyataan ini tidak mungkin muncul kecuali dari seorang nabi yang menerima wahyu dan mendapatkan ilmu pengetahuan dari Zat Pencipta tujuh langit dan tujuh bumi.

Semoga shalawat kesejahteraan, salam kedamaian dan keberkahan selalu tercurahkan kepada beliau beserta keluarga, sahabat, dan mereka yang mengikuti petunjuknya dan berdakwah di jalanNya sampai kiamat kelak. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.

(Sumber: Pembuktian Sains dalam Sunnah) buku 2, oleh Dr. Zaghlul An-Najjar) 

13 responses to “Ka’bah adalah poros alam semesta

  1. “Hai jamaah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan. Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan.” (QS. Ar-Rahman (55):33-34).

    Subhanaallah. Maha Agung Engkau ya Allah, Semua yang engkau Ciptakan atas segala kehendakmu. Akan menambahn keimanan kami kepadaMu dan Rasulmu.

  2. Kami mempercayai hal tersebut dengan iman. karena telah disampaikan beberapa ribu tahun yang lalu oleh Rasullulah SAW dan saat ini telah terbukti dengan segala Ilmu penegtahuan manusia.

  3. bukti kenapa titik 0 di mekah adalah
    mekah tidak kenal medan magnet (tidak ada gempa )
    kompas di mekah tidak akan bergerak ke arah utara atau selatan…… Subhanaallah

  4. очень радует упаковка продуктов у dopingtown.ru! сегодня когда получал ржал, пакет большой емс в нем фактурный не просвечиваемый дутый белый пакет с пупырышками , в нем еще один меньше, открываю там еще, открываю там еще, открываю там еще и в итоге что надо))))
    ржака, респект!:d

  5. SHUBAHANALLAH..Maha kuasa Engkau ya Allah dgn sgala ciptaanMu, hal ini menambah ilmu pengetahuan dan keimanan kami kpd Mu. Aaamiiin YRA

  6. Tema ini juga dapat dibaca di Juz ‘Amma Smart! bahwa al-Qur’an banyak mengandung isyarat2 ilmu pengetahuan yang harus diperdalam oleh umat Islam. Termasuk kemukjizatan ubun2 yang sudah diisyaratkan dalam surah al-Alaq. Al=Qur’an sudah membahasanya 14 abad lebih, dan ilmu pengetahuan modern baru sekitar 60 tahun ini menemukan fungsi ubun2 (frontal lube). Subhanallah, sebagai umat Islam kita wajib bangga dan mempelajari secara seksama kitab suci al-Qur;an. Follow smartzone.webnode.com

  7. apakah seluruh negara didunia ini uda sepakat kalo mekah menjadi pusat poros bumi dunia, jgn2 hny segelintir org yg membesar2kan teori yg blm tentu di akui kebenarannya.

  8. *flashback
    duluuu pas masih eSeMA guru fisika saya menjelaskan teori gaya magnetik dengan perputaran ka’bah. teori ini dihubungkan dengan gaya Lorentz yang sering dikenal dengan kaidah tangan kanan. FBI kata simpelnya. but I was a little forget on this theory, miss my memory of senior high school….
    Subhaanallooh…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s