Puncak Gunung Tertinggi di Dunia

Berikut adalah 10 besar puncak gunung tertinggi di dunia:
1. Everest, pegunungan Himalaya, Nepal/Tibet, 29,035 ft / 8,850 m.

everestGunung Everest (bahasa Inggris: Mount Everest) adalah gunung tertinggi di dunia (jika diukur dari paras laut). Rabung puncaknya menandakan perbatasan antara Nepal danTibet; puncaknya berada di Tibet. Di Nepal, gunung ini disebut Sagarmatha (सगरमाथा,bahasa Sansekerta untuk “Dahi Langit”) dan dalam bahasa Tibet Chomolangma atauQomolangma (“Bunda Semesta”), dilafalkan dalam bahasa Tionghoa 珠穆朗瑪峰 (pinyin: Zhūmùlǎngmǎ Fēng). Gunung ini mendapatkan nama bahasa Inggrisnya dari nama Sir George Everest. Nama ini diberikan oleh Sir Andrew Waugh, surveyor-general India berkebangsaan Inggris, penerus Everest. Puncak Everest merupakan salah satu dari Tujuh Puncak Utama di dunia.

2. K2 (Godwin Austen), pegunungan Karakoram, Pakistan/China, 28,250 ft / 8,611 m.

k2K2 ialah pegunungan tertinggi ke-2 di dunia. Terletak di bagian Karakoram dari Himalaya antara Pakistan dan Republik Rakyat Cina; merupakan pegunungan nasional di Pakistan. Tinggi pegunungan ini mencapai 8,611 meter (28,251 kaki). Konon, pegunungan ini lebih sulit didaki daripada Gunung Everest karenacuacanya ang buruk. K2 juga lebih tinggi di daerah sekitarnya bila dibandingkan ke Everest. K2 dijuluki “Pegunungan Kejam” karena hal ini. Pada tahun 2004, hanya 246 orang yang berhasil mendaki sampai ke puncak. Setidaknya 56 orang meninggal ketika mencoba mendakinya. Nama tak resmi untuk K2 ialah Gunung Godwin Austen, dinamai dari nama orang yang pertama kali memanjatnya. Selain itu pegunungan ini juga dinamai Qogir (diturukan dari Chogori), Lamba Pahar, Dapsang, Kechu, Ketu, dll.

3. Kangchenjunga, pegunungan Himalaya, India/Nepal, 28,169 ft / 8,586 m.

kangchenjungaKangchenjunga (Nepali:कञ्चनजङ्घा Kanchanjaŋghā) SewaLungma (Limbu) adalah gunung tertinggi ke-3 di dunia setelah Gunung Everest dan Chogori) dengan ketinggian 8.586 meter (28.169 kaki). Gunung ini juga adalah gunung tertinggi ke-2 di Nepal. Kangchenjunga berarti “Lima Harta Karun Salju, karena ia terdiri dari 5 puncak, empat diantaranya mencapai lebih dari 8.450 meter. Harta karun itu melambangkan 5 benda milik dewa yaitu emas, perak, permata, biji-bijian dan kitab suci. Kangchenjunga disebut Sewalungma dalam bahasa Limbu dan disucikan dalam tradisi agama Kirant. Tiga dari 5 puncaknya (utama, tengah, dan selatan) membatasi wilayah Sikkim Utaradari distrik Sikkim, India dan Distrik Taplejung di Nepal, dan 2 yang lain berada diDistrik Taplejung. Selain itu wilayah ini juga dijadikan Kangchenjunga Conservation Area Project oleh World Wildlife Fund [2] [3] [4] [5] [6], yang melindungi satwa Panda Merah, burung, dan tanaman khas Nepal. Bagian India juga memiliki wilayah yang dilindungi dalam Taman Nasional Khangchendzonga.

4. Lhotse I, pegunungan Himalaya, Nepal/Tibet, 27,940 ft / 8,516 m.

lhotse

5. Makalu I, pegunungan Himalaya, Nepal/Tibet, 27,766 ft / 8,463 m.

makalu

6. Cho Oyu, pegunungan Himalaya, Nepal/Tibet, 26,906 ft / 8,201 m.

cho-oyu

7. Dhaulagiri, pegunungan Himalaya, Nepal, 26,795 ft / 8,167 m.

dhaulagiri

8. Manaslu I, pegunungan Himalaya, Nepal, 26,781 ft / 8,163 m.

manaslu

9. Nanga Parbat, pegunungan Himalaya, Pakistan, 26,660 ft / 8,125 m.

nanga_parbat

10. Annapurna, pegunungan Himalaya, Nepal, 26,545 ft / 8,091 m.

annapurna

Gunung Annapurna mempunyai beberapa puncak, gunung ini juga mempunyai nama lain yaitu Annporna dan Morshiadi.

Puncak tertingginya setinggi 26.545 kaki atau 8.091 m dpl, berada dijejeran pegunungan Himalaya Nepal pada posisi geografi 28° 35′ Utara dan 83° 57′ Timur. Musim pendakian yang paling baik adalah pada bulan April, May (pre-monsoon) dan akhir September, October (post monsoon). Yang paling mudah untuk mencapai gunung ini adalah dari Pokhara Nepal. Gunung ini pertama kali didaki pada tahun 1950 oleh Maurice Herzog, Louis Lachenal (ekspedisi Perancis).

Airport terdekat untuk mencapai gunung ini adalah Kathmandu Nepal. nnapurna merupakan salah satu gunung yang maha besar di Himalaya, termasuk dijajaran 10 gunung tertinggi di dunia. Di tahun 1950, merupakan gunung dengan ketinggian 8000 m yang pertama yang sukses didaki. Gunung ini memiliki dua glacier yaitu dilereng sebelah Barat dan Barat daya.

DAFTAR PUNCAK-PUNCAK GUNUNG ANNAPURNA

- Annapurna I 8.091 m
– Annapurna II 7.937 m
– Annapurna III 7.555 m
– Annapurna IV 7.525 m
– Gangapurna 7.455 m
– Annapurna South 7.219 m

19 responses to “Puncak Gunung Tertinggi di Dunia

  1. Coba ya kalau aku bsa nyampai puncaknya. . . . ,aku pasti kibarkan bendera merah putih dsani,trus aku akan tulis nma ku disni,sbg tanda aku telah sampai di puncak gunung ini

  2. Wah Luar Biasa Bngt….
    Sangat Mengagum Kan
    Mount Everest………
    Saya Bnr”Ini Sekali Naik Ke Puncak
    Mount Everest……..

    Cita”Saya Adalah Ini
    Mendaki Mount Everest
    Walau Pun Tidak Tercapai….. :-(

  3. Hey! Do you know if they make any plugins to help
    with Search Engine Optimization? I’m trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I’m not seeing very good gains.

    If you know of any please share. Many thanks!

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s