Gurun Terluas Di Dunia

No. Nama Lokasi Area
(mil persegi)
Area
(km persegi)
1 Sahara Afrika Utara 3.500.000 9.100.000
2 Australia
(termasuk Gibson, Great Sandy, Great Victoria dan Simpson)
Australia 1.300.000 3.400.000
3 Semenanjung Arab
(termasuk an-Nafud dan Rub al-Khali)
Asia Barat 1.000.000 2.600.000
4 Turkestan
(termasuk Kara-Kum dan Kyzylkum)
Asia Tengah 750.000 1.900.000
5 Gobi Asia Tengah 500.000 1.300.000
6 Gurun Amerika Utara
(termasuk Great Basin, Mojave, Sonorah dan Chiahuahuan)
USA dan Mexico 500.000 1.300.000
7 Patagonia Argentina Selatan 260.000 670.000
8 Thar India dan Pakistan bagian utara 230.000 600.000
9 Kalahari Afrika bagian barat daya 220.000 570.000
10 Takla-Makan Tiongkok bagian barat laut 185.000 480.000

 

1. Gurun Sahara

Sahara adalah nama sebuah padang pasir terbesar di dunia. Nama “Sahara” diambil dari bahasa Arab yang berarti “padang pasir”. Bahasa Arab pada gilirannya mengambil dari bahasa Sumeria.

sahara

Sahara terletak di utara Afrika dan berusia 2,5 juta tahun. Padang pasir ini membentang dari Samudra Atlantik ke Laut Merah. Dari Laut Tengah di utara sampai ke Sahel di sebelah selatan. Dari Mauritania di sebelah barat ke Mesir di sebelah timur. Padang pasir ini membagi benua Afrika menjadi Afrika Utara dan Afrika “yang sejatinya”. Kedua bagian benua ini sangat berbeda, baik secara iklim maupun budaya. Luas padang pasir ini sekitar 9.000.000 km2.

 

2. Australia

Gurun-gurun utama:

 

3. Semenanjung Arab

 

arabJazirah Arab adalah sebuah jazirah (semenanjung besar) di Asia Barat Daya pada persimpangan Afrika dan Asia.

Perbatasan pesisir jazirah ini ialah: di barat daya Laut Merah dan Teluk Aqabah; di tenggara Laut Arab; dan di timur laut Teluk Oman dan Teluk Persia. Secara politik, Jazirah Arab terdiri dari negara-negara berikut ini:

  • Arab Saudi
  • Kuwait
  • Yaman
  • Oman
  • Uni Emirat Arab
  • Qatar
  • Bahrain

Secara geologi, daerah ini lebih tepat disebut Anak Benua Arab sebab memiliki plat tektonik tersendiri, Plat Arab.

Negara Arab Saudi meliputi hampir seluruh Jazirah Arab. Kebanyakan penduduk jazirah ini tinggal di Arab Saudi dan Yaman. Jazirah ini mengandung sejumlah besar minyak bumi dan merupakan tempat kota suci Islam, Mekkah dan Madinah, keduanya di Arab Saudi. Uni Emirat Arab dan Qatar merupakan tempat stasiun televisi berbahasa Arab utama seperti Al-Jazeera.

Secara geografis, jazirah ini terdiri dari:

  1. plato tengah dengan padang rumput untuk ternak, dan lembah subur;
  2. cincin gurun, Nefud di utara, berbatu, Arab Besar, pelengkap Sahara, di selatan, berpasir, dikatakan sedalam 600 kaki, dan Dahna antara; dan
  3. terbentang dari tanah pesisir, umumnya subur di barat dan selatan.

Arab tak memiliki danau atau sungai, hanya wadi, paling sering kering; iklim menjadi panas dan gersang, tak berhutan, dan oleh karena itu sedikit binatang liar; negara perdagangan dengan tanpa jalan atau jalur kereta api, hanya rute karavan, masih tempat kelahiran ras yang untuk meluas di globe, dan dari agama yang telah menjadi petunjuk hidup pada ribuan manusia yang tersebar luas selama sekitar abad ke-13 hingga ke-14.

Terkadang istilah Timur Tengah digunakan pada jazirah saja, namun biasanya merujuk pada daerah yang lebih besar; istilah Arab, bagaimanapun, sering digunakan merujuk hanya pada Arab Saudi. Di waktu lain istilah Arab bisa berarti seluruh Dunia Arab, terbentang dari Maroko di barat sampai Oman di timur. arab sebagai tempat awalnya agama islam berkembang.

4. Turkestan

  • Gurun Kara Kum – di Central Asia
  • Gurun Kyzyl Kum – di Kazakhstan dan Uzbekistan

5. Gurun Gobi

Gobi (Hanzi: 戈壁(沙漠) pinyin: Gēbì (Shāmò); Bahasa Mongolia: Говь [Gowi]) adalah sebuah kawasan gurun yang sangat besar di Republik Rakyat Cina dan bagian selatan Mongolia.

Cekungan padang pasir Gobi dibatasi oleh Pegunungan Altay serta padang rumput Mongolia di sebelah utara, oleh dataran tinggi Tibet di sebelah barat daya , dan oleh dataran Cina Utara di sebelah tenggara. Dalam Bahasa Mongolia, kata Gobi berarti “sangat besar dan kering”. Gobi terdiri dari beberapa kawasan geografis serta ekologis yang unik, didasarkan pada perbedaan iklim dan topografi. Gurun ini merupakan yang terbesar di Asia.

Gobi tercatat dalam sejarah sebagai bagian dari Kekaisaran Mongol, dan merupakan lokasi dari beberapa kota penting sepanjang Jalur Sutra.

6. Gurun Amerika Utara

desert

  • Gurun Basin Besar – Gurun terbesar di Amerika Utara, terletak di Nevada, AS.

Basin

  • Gurun Mojave – Gurun terpanas di Amerika Utara, terletak di California Selatan, AS.

mojave

  • Gurun Chihuahua – Gurun terbesar kedua di Amerika Utara, terletak di Barat Daya AS dan Meksiko.

chihuahua_desert

  • Gurun Sonora – Terletak di Barat Daya AS dan Barat Laut Meksiko.

sonora

 

7. Patagonia

Gurun Patagonia merupakan gurun terluas di Amerika, dan gurun terluas ke 7 di dunia, dengan luas 260,000 mil2 (673,000 km2). Sebagian besar Gurun Patagonia terletak di wilayah Argentina bagian Selatan dan sebagian lagi masuk wilayah Chile. Gurun Patagonia berbatasan dengan pegunungan Andes di bagian barat, dan Samudera Atlantik di sebelah Timur.

Gurun Patagonia adalah gurun besar bersuhu dingin, dengan temperature rata-rata 3 o C, jarang melewati 12 o C. Wilayah tersebut mengalami musim dingin selama 7 bulan, dan musim panas untuk 5 bulan sisanya. Pembekuan adalah hal yang biasa, karena kondisi yang sangat kering sepanjang tahun, tapi jarang bersalju. Pegunungan Andes, di bagian barat, merupakan penyebab utama, karena pegunungan tersebut menghalangi aliran lembab dari bagian Selatan lautan Pacific menuju ke daratan. Hal ini menimbulkan terjadinya bayang-bayang hujan dan menyebabkan terjadinya gurun, meskipun jaraknya hanya 200 mil dari laut.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8. Thar

Gurun terletak di antara India dan Pakistan di bagian utara.

Gurun Thar mengalami iklim gurun panas yang panas dan kering sepanjang tahun. Hujan tahunannya kurang dari 250 mm karena terletak di kawasan lindung angin Monsun Timur Laut dan Monsun Barat Daya. Semasa musim dingin (Desember hingga Februari), kawasan Gurun Thar mengalami penurunan suhu 8 o C hingga 28o C Pada saat musim panas, suhunya mencapai 60 o C.

Suhu harian di Gurun Thar sangat tinggi, yaitu antara 22 o C hingga 32 o C. Keadaan ini disebabkan oleh langitnya yang tidak berawan.

Badai pasir yang dikenal sebagai “andhi” adalah fenomena yang biasa terjadi di Gurun That selama musim panas, yaitu di bulan Mei dan Juni.

9. Kalahari

Gurun Kalahari adalah gurun yang terdapat di bagian selatan Afrika dengan luas 900,000 km² (362,500 sq. mi.) yang meliputi sebagian besar Botswana dan beberapa bagian dari Namibia serta Afrika Selatan. Gurun Kalahari merupakan semi gurun dengan bagian kering dan terdapat padang rumput setelah terjadinya hujan. Gurun Kalahari juga menjadi habitat dari berbagai binatang dan tanaman, karena bukan sepenuhnya gurun pasir. Curah hujan di Gurun Kalahari mencapai 3-7 1/2 inchi per tahun.

10. Takla-Makan

Gurun Taklamakan (Takelamagan Shamo, 塔克拉玛干沙漠), juga disebut Taklimakan, adalah gurun di Asia Tengah, di Republik Rakyat Cina. Gurun ini berbatasan dengan Pegunungan Kunlun di selatan dan Pegunungan Pamir dan Tian Shan (Gunung Imeon kuno) di barat dan utara.

taklamakan

13 responses to “Gurun Terluas Di Dunia

  1. tuhan mnciptakan permukaa bumi berupa2…………..ada yg batu melulu….pasir melulu,,,,air melulu….hutan melulu….subhanaloh semua buat mhluknya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s